Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Yoo pelajar kali ini saya akan membagikan contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan beserta strukturnya yang merupakan salah satu materi pembelajaran bahasa indonesia yang mungkin teman-teman butuhkan untuk referensi mengerjakan tugas. Simak langung contohnya dibawah ini.
Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Pendidikan

Antara SMA atau SMK
Bagi kalian yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP, mungkin akan mengalami rasa gundah untuk memilih sekolah lanjutan, antara SMA ataupun SMK.

Setiap pilihan memiliki berbagai konsekuensi tertentu yang perlu dipertimbangkan. Memutuskan pilihan antara SMA atau SMK pastinya harus berdasarkan pada faktor yang dianggap penting.
Memilih sekolah di SMA akan memudahkan kita untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Tentunya juga sesuai dengan bidang yang telah kita ambil ketika sekolah di SMA.

Misalnya saja ketika SMA, kita termasuk anak IPS, maka pilihan di perguruan tinggi juga berkaitan dengan ilmu Sosial.

Begitu juga dengan anak IPA dan Bahasa. Sedangkan apabila memilih untuk sekolah SMK, setelah lulus kita bisa langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang kita pelajari di sekolah.
Kemudian apabila dilihat dari segi prakteknya di lapangan. Sekolah SMA lebih menekankan pada teori, jika dibandingkan dengan praktek lapangan.

Kalaupun ada praktek, hal itu hanya terdapat pada mata pelajaran tertentu yang membutuhkan praktek. Sedangkan apabila di SMK, pelajaran yang diberikan lebih fokus pada kegiatan praktek jika dibandingkan teori.

Tidak hanya itu, sebenarnya sekolah di SMK pun juga bila melanjutkan ke perguruan tinggi,hanya saja mata pelajaran yang kita dapat cukup terbatas. Sedangkan untuk SMA memiliki bekal mata.
Berdasarkan beberapa pertimbangan di atas bahwa sekolah di SMK bisa langsung bekerja setelah lulus, tetapi juga dapat kuliah. Hanya saja dalam bekal teori yang dimiliki masih terbatas sehingga harus belajar lebih.

Sedangkan sekolah SMA lebih mudah untuk melanjutkan kuliah karena bekal teori ilmu yang di dapat ketika sekolah lebih banyak.

Nah itulah dia contoh dari teks tanggapan kritis tentang pendidikan beserta strukturnya semoga tulisan ini dapat membantu pembaca semuanya